Soal Evaluasi Tema 5 Sikap Kepahlawanan

Tema 5 Kelas IV sekolah dasar terdiri dari tiga Subtema. Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu. Aktivitas minggu ke-4 berupa berbagai kegiatan yang dirancang sebagai aplikasi dari keterpaduan gagasan pada subtema 1–3. Berbeda dengan subtema 1–3, kegiatan minggu ke-4 diarahkan untuk mengasah daya nalar.

Perkiraan alokasi waktu dapat merujuk pada struktur kurikulum. Meskipun demikian, alokasi waktu menurut mata pelajaran hanyalah petunjuk umum. Guru diharapkan menentukan sendiri alokasi waktu berdasarkan situasi dan kondisi di sekolah dan pendekatan tematik-terpadu. Berikut ini beberapa kompetensi dasar tema 5.

PKn
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru. Menerima keberagaman
  3. umat beragama di masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
  4. Menerima keberagaman umat beragama di masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
  5. Memahami hubungan simbol dengan makna silasila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
  6. Menceritakan hubungan simbol dengan makna silasila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari
Bahasa Indonesia
  1. Mengagali pengetahuan baru yang didapat dari teks nonfiksi
  2. Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri
Matematika
  1. Menjelaskan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model kongkrit
  2. Mengidentifikasi hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model kongkrit
SBdP
  1. Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada
  2. Menampilkan tempo lambat, sedang dan cepat melalui lagu
IPA
  1. Memahami sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan
  2. Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/ atau percobaan yang pemanfaatkan sifat-sifat cahaya
PJOK
  1. Memahami jenis cidera dan cara penanggulangannya secara sederhana saat melakukan aktivitas fisik dan dalam kehidupan sehari-hari
  2. Memaparkan jenis cidera dan cara penanggulangannya secara sederhana saat melakukan aktivitas fisik dan dalam kehidupan sehari-hari
IPS
  1. Mengidentifikasi kerajaan Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini di lingkungan daerah setempat
  2. Menyajikan hasil identifikasi kerajaan Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini di lingkungan daerah setempat

Postingan Populer